SMK Kanisius Bharata

SMK Kanisius Bharata

SMK Kanisius Bharata merupakan Sekolah Menengah Kejuruan swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Kanisius. Sekolah berupaya seoptimal mungkin memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik sesuai dengan Standar Layanan Mutu yang ditetapkan oleh pemerintah dengan cara mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki serta potensi yang ada, meningkatkan kerjasama dengan mitra strategis dan menumbuhkan kemerdekaan berpikir.

Dalam rangka menyiapkan lulusan menjadi tenaga kerja terampil tingkat menengah yang memiliki kemampuan teknik di bidang komputer dan jaringan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sekolah menengah kejuruan perlu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan harapan pelanggan, mampu memberikan pembelajaran yang menyeluruh, proporsional dan terukur.

Prinsip pembelajaran yang dikembangkan oleh pendidik harus mengacu pada tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 harus menjadi pedoman bagi setiap guru dan sekolah dalam membuat rencana kerja dan pengembangan berdasarkan prioritas menuju kepada peningkatan mutu pembelajaran, yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu lulusan, dengan demikian penyiapan lulusan untuk menjadi pribadi yang Pancasilais cerdas dan berkarakter serta memiliki kepedulian terhadap sesama dan lingkungan dapat tercapai.

Berdasarkan kebutuhan peserta didik dan analisis konteks serta daya dukung yang ada, sekolah perlu menetapkan skala prioritas dalam pelaksanaan program kerja akademik dan non-akademik agar tujuan yang akan dicapai dan pelayanan sekolah kepada peserta didik menjadi lebih terarah. Fokus Program Kerja SMK Kanisius Bharata adalah:

  1. Program Akademik:

         1.1.  menjadikan Asesmen Nasional (literasi dan numerasi) sebagai acuan utama dalam melakakukan penilaian kepada peserta didik.

         1.2.  meningkatkan prosentase keterserapan lulusan di DU/DI dari 50% menjadi 70% melalui program Link and Match dan penelusuran tamatan melalui Bursa Kerja                     Khusus (BKK)

  1. Program Non-akademik:

         2.1.  memberikan pelatihan Digital Marketing (Kewirausahaan)

         2.2.  memberikan pendampingan dan pelayanan Curapersonalis

                 

Sedangkan sebagai Program unggulan di SMK Kanisius Bharata adalah :

  1. Learning is Fun

Learning is Fun adalah program optimalisasi dalam penggunaan media pembelajaran dan ketepatan dalam pemilihan materi pelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan lebih memotivasi peserta didik untuk senang belajar karena belajar itu menyenangkan (Learning is Fun).

  1. Program Silang Lintas Kompetensi

      Program silang lintas kompetensi diberikan kepada peserta didik berdasarkan permintaan dan minat/bakat dengan materi pembelajaran berbasis Project Base Learning yang diselenggarakan di luar kegiatan pembelajaran intrakurikuler, antara lain : Creative With Computer, Coding, Cloud Computing, Communication dan Content Creator. Manfaat bagi peserta didik adalah menambah pengetahuan dan keterampilan (skill) di luar kompetensi TJKT, sehingga peserta didik lebih siap menghadapi dunia kerja, apabila suatu saat nanti bekerja tidak sesuai dengan kompetensi yang ditempuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top