PJJ DARING Ala SMK Kanisius Bharata

SMK Kanisius Bharata melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh dalam Jaringan (PJJ DARING) secara penuh pada tahun pelajaran 2020/2021. Saat itu para siswa masih ada di beberapa tempat, salah satunya yaitu di Ketapang Kalimantan Barat. Koneksi internet menjadi momok yang membayangi kesuksesan pelaksanaan PJJ DARING. Apabila siswa yang tinggal di kota saja kesulitan sinyal, maka sudah bisa dipastikan kondisi siswa dipedalaman menjadi lebih sulit. Ini merupakan tantangan bagi para guru dalam mengajar. Interaksi antara guru dengan siswa dilakukan dalam jaringan (DARING). Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah Virtual zoom, video pembelajaran dan pembelajaran tertuntun. Dengan metode pembelajaran yang bervarian ini membuat para siswa tidak bosan dan tidak jenuh dengan varian yang berbeda-beda setiap harinya, namun para siswa tetap terkendali. Para guru dengan mata pelajaran masing-masing membuat variasi yang menunjang kegiatan pembelajaran lebih sistematis. Pembelajaran yang menari merupakan fokus yang disoroti para guru untuk membuat kegiatan pembalajaran secara daring lebih diantusias para siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Pembelajaran jarak jauh memunculkan inovasi-inovasi baru dalam metode pembelajaran bagi para guru. SMK Kanisius Bharata mempunyai tiga metode pembelajaran jarak jauh yaitu Pembelajaran Mandiri Tertuntun dengan Modul, Virtual Meeting  dan Pembelajaran Mandiri Tertuntun  dengan Video. Dalam pengimplementasiannya ketiga metode ini dikombinasikan setiap harinya agar siswa tidak jenuh selama pembelajaran. Metode yang bervariatif ini tentunya meningkatkan semangat para siswa dalam kegiatan pembelajaran. Para guru dituntut untuk selalu memberikan metode pembelajaran yang tidak sama dalam setiap mata pelajaran yang berbeda supaya meminimalisir ke bosanan siswa. Metode yang diberikan ini sangat membantu sekali dalam kelancaran kegiatan pembelajaran jarah jauh. Dengan adanya metode Pembelajaran Mandiri Tertuntun dengan Modul merupakan metode pembelajaran dengan memberikan catatan-catatan kepada siswa baik dalam bentuk File Word, PDF atau PPT. Dengan catatan yang sudah dibuatkan oleh guru siswa tentunya diharapakan dapat lebih mudah memahami catatan tersebut.

Lalu Pembelajaran Virtual Meeting merupakan pembelajaran yang dilakukan secara virtual menggunakan berbagai perangkat teknologi. Untuk SMK Kanisius Bharata sendiri menggunakan virtual zoom sebagai alat untuk pertemuan secara virtual. Tentunya SMK Kanisius Bharata yang notabene sekolah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan mempunyai akses internet yang sangat memadai serta sekolah juga menyewakan akun zoom untuk dapat digunakan dengan durasi berjam-jam sehingga guru tidak perlu kawatir jika dalam proses pembelajaran akan terhambat dalam penyampain materi.

Pada Pembelajaran Mandiri Tertuntun dengan Video, guru dituntut untuk membuat video pembelajaran supaya siswa lebih mudah dalam memahami setiap pelajaran melalui video tersebut. Video pembelajaran ini sangat membantu sekali bagi guru untuk menyampaikan materi kepada siswa dan tentunya juga sangat membantu dalam kegiatan belajar siswa karena siswa dapat melihat dan mendengarkan video pembelajaran kapan saja.

enterclick for infohis responseperfect replica watcheself bar vancouver

Kunci dalam kesuksesan pelaksanaan PJJ DARING yaitu Evaluasi. Maka Bidang Kurikulum secara berkala melakukan evaluasi agar dalam masa pandemi ini pelayanan kepada para siswa tetap optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top