Sharing Pengalaman dari Veronica – Peserta Sertifikasi Kompetensi Siswa

Di SMK Kanisius Bharata, ada program unik lho.. yang baru dilaksanakan pada tahun 2023 . Acara ini diberi nama “sertifikasi kompetensi siswa”, tahap pertama ini materinya tentang “TOPOLOGI DAN INFRASTRUKTUR JARINGAN “. Peserta yang mengikuti acara pelatihan ini yaitu dari siswa siswi SMK Kanisius Bharata kelas 10 dan kelas 11. Acara Sertifikat kompetensi siswa ini dilaksanakan dalam waktu 2 hari yaitu pada tanggal 30-31 Oktober 2023 yang bertempatkan di Laboratorium Komputer SMK Kanisius Bharata Kab. Karanganyar.

Saya Veronica Deria Wulansari siswa kelas XI, Perasaan saya ketika mengikuti program sertifikasi kompetensi siswa ini sangat senang karena acaranya seru saya dapat belajar bersama bahkan bisa belajar langsung dari Pak Wahyu dan Mas Dani Instruktur dari Solonet yang sudah sangat berpengalaman. Satu lagi yang paling sangat berkesan yaitu saat mempelajari tentang kabel FO di mana kita diajarkan bagaimana caranya mengupas kabel FO, memotong core pada kabel FO sebelum disambungkan yang memerlukan kesabaran dan ketelitian agar bisa menyambung dengan sempurna ,karena jika ada yang patah atau tidak rata pada bagian corenya akan beresiko tidak bisa disambungkan dan mesin akan eror dan paling anehnya saya sebelum mengenal dan melihat langsung kabel FO itu yang seperti apa ,dulu itu saya mempunyai bayangan Kalau kabel FO itu wujudnya transparan atau tidak keliatan sama sekali ,tetapi setelah saya melihat dan memegang  kabel FO secara langsung ternyata tidak seperti yang saya bayangkan.  Pada kenyataannya kabel FO berbentuk seperti kabel biasa tetapi bedanya bagian intinya lebih kecil dan mudah pecah.

Mengapa acara ini penting? Pertama tentu karena setelah mengikuti sertifikasi maka kita mendapatkan pengakuan akan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan , pengakuan ini sangat penting bagi lulusan SMK yaitu agar mempunyai bukti terkait dengan kompetensi yang kita miliki, memudahkan kita untuk dipercaya oleh perusahaan karena telah memiliki sertifikasi yang diakui oleh lembaga dan yang kedua karena dengan adanya acara ini kita mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa yang tidak semua orang bisa mencoba karena keterbatasan alat, contohnya  praktek mengupas,memotong dan menyambungkan kabel FO, alat yang dibutuhkan memiliki harga yang cukup tinggi dimasa sekarang dan masih jarang sekali kita lihat di lingkungan sekitar kita.

Perubahan yang terjadi pada diri saya  setelah mengikuti acara Sertifikasi kompetensi siswa ini  yaitu menjadi lebih memahami tentang macam macam kabel jaringan, memahami karakteristik kabel FO terutama dalam proses penyambungan mulai mengupas ,memotong kabel FO hingga menyambungkan kabel FO dengan benar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top